Menikmati aktivitas seru dan menantang dalam rangkaian kegiatan outbound seperti aktivitas rafting di Bandung ataupun lainnya bisa menjadi salah satu cara untuk melatih kekuatan fisik, menyegarkan pikiran, serta berguna juga untuk membangun kebersamaan dan kekompakkan suatu tim ataupun kelompok. Tak mengherankan bila saat ini semakin banyak organisasi, instansi, ataupun perusahaan yang mengagendakan kegiatan wisata outbound sebagai salah satu agenda rutin tiap tahunnya baik dalam skala kelompok yang besar ataupun hanya terdiri dari beberapa orang saja. Melalui kegiatan wisata outbound tersebut, tak hanya bisa mendapatkan kesenangan dan keseruan liburan saja tetapi juga bisa mendapatkan banyak dampak positif seperti makin akrabnya satu dengan lainnya.

rafting di Bandung1

Rafting di Bandung yang Seru dan Menyenangkan

Rombongan mahasiswa dari Unversitas Trisakti yang dipimpin oleh Pak Bryan terlihat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan wisata outbound di Pangalengan sekaligus menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di lingkungan Situ Cileunca bagi masyarakat kurang mampu. Rombongan yang berjumlah 18 orang tersebut menyelenggarakan kegiatan outbound pada tanggal 9 Juli 2017 dan mengambil lokasi di basecamp Elhaqi Adventure. Para peserta sampi di basecamp Elhaqi pada puluk 9.00 dan berbincang dengan Tour Leader tentang acara yang akan dilaksanakan pada hari tersebut.

rafting di Bandung2Pada pukul 10.00 peserta memutuskan untuk menyantap makan siang lebih awal yang dilanjutkan dengan persiapan untuk aktivitas rafting di Bandung pada pukul 11.00. Sebelum memulai kegiatan rafting, para peserta mendapatkan briefing dan simulasi dari instruktur Elhaqi Adventure. Selanjutnya, para peserta pun bersiap dan langsung meluncur kesungai untuk mengikuti aktivitas olahraga arung jeram yang menantang dan seru. Setelah selesai dengan aktivitas rafting, para peserta langsung melanjutkan dengan kegiatan permainan paintball dan flying fox. Pukul 12.30 para peserta sudah sampai di lokasi Hutan Pinus Rahong dan mendapatkan pengarahan serta simulasi tentang paintball. Kegiatan permainan paintball pun berakhir pada pukul 14.00. Kondisi arena yang memang sedang penuh mengharuskan peserta untuk menunggu terlebih dahulu sebelum lanjut ke permainan flying fox. Akhirnya pada pukul 15.00, peserta sudah selesai mengikuti permainan flying fox dan langsung kembali ke basecamp untuk membersihkan diri, beristirahat sejenak sebelum melanjutkan dengan kegiatan bakti sosial (baksos).

Setelah berbagai kegiatan outbound mulai rafting di Bandung, paintball, dan flying fox, pada pukul 16.30, peserta rombongan dari Universitas Trisakti memutuskan untuk menuju lokasi baksos di sekitar Situ Cileunca tepatnya di kampung Galian. Beberapa warga tampak sudah berkumpul dan menyambut kedatangan rombongan mahasiswa tersebut. Acara pun dimulai dengan perkenalan serta pembagian simbolis yang dimulai pada pukul 17.00. acara dilanjutkan dengan kegiatan berkeliling kampung untuk melihat keadaan warga yang sakit parah serta memberikan santunan bagi mereka yang tidak memiliki biaya untuk digunakan berobat. Sekitar pukul 17.30, akhirnya rombongan memutuskan untuk kembali pulang.

Kegiatan liburan hendaknya memang diisi dengan berbagai kegiatan positif seperti dengan mengikuti kegiatan-kegiatan wisata outbound termasuk rafting di Bandung serta dengan mengisinya dengan aktivitas sosial yang pastinya mampu memberikan pengaruh yang positif juga.