Belajar tentu tidak hanya berada di dalam kelas. Ada banyak cara lainnya untuk bisa memberikan pembelajaran dan pengajaran kepada siswa. Salah satunya adalah dengan memilih salah satu lokasi Outbound Anak Bandung untuk menyelenggarakan event outing yang diikuti oleh obyek yang ditargetkan apakah siswa keselurahan, siswa di tingkat tertentu, ataupun hanya sekelompok kecil saja. Melalui outing class, siswa bisa belajar banyak hal. Bahkan, metode belajar ini dinilai sangat efektif sebagai media pembelajaran. Rangkaian kegiatan dalam outing class tersebut juga bisa beragam sesuai dengan kebutuhan dan target yang ingin dicapai. Pada tanggal 20-21 Oktober 2016, SMP Mutiara Insani Jakarta juga menuju ke lokasi Outbound Anak Bandung di kawasan wisata Situ Cileunca Pangalengan. Kegiatan ini diikuti oleh 230 orang dengan serangkaian kegiatan yang pastinya tak hanya seru tetapi juga penuh dengan pembelajaran.

Outbound Anak Bandung

Serunya Aktivitas Peserta Outbound Anak Bandung

Rombongan peserta Outbound Anak Bandung datang ke lokasi penginapan di Group House Situ Cileunca pada jam 12.30 pada tanggal 20 Oktober 2016. Selanjutnya, peserta mendapatkan kegiatan ISHOMA (istirahat, sholat, makan) hingga jam 13.30. Rombongan peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk memulai kegiatan pertama pada event Outbound Anak Bandung tersebut yaitu rafting atau arung jeram. Setelah persiapan dan pengarahan, jam 2 siang peserta di kelompok pertama memulai melakukan trip rafting. Sedangkan kelompok kedua yang sedang menunggu giliran, mengisi waktu dengan kegiatan ice breaking di area penginapan. Sekitar jam 3 sore, trip pertama selesai dilaksanakan dan dilanjutkan oleh kelompok kedua untuk melaksanakan trip rafting. Kegiatan rafting akhirnya selesai pada jam setengah enam kurang.

Peserta selanjutnya bersama-sama kembali ke penginapan untuk bersih-Outbound Anak Bandungbersih, istirahat, dan sholat hingga waktu jam makan malam pada jam 7 malam. Selanjutnya, setelah makan malam, sekitar jam 8 malam, peserta dikumpulkan untuk memulai acara malam keakraban yang merupakan bagian dari kegiatan Outbound Anak Bandung sambil menikmati api unggun dan bakar jagung. Acara ini mungkin terlihat sederhana namun mampu menjadi sebuah moment penting yang akan menjadikan setiap peserta menjadi semakin akrab, memiliki rasa kebersamaan dan kekeluargaan, dan lebih percaya diri. Acara malam keakraban selesai pada jam 22.30 yang mana hal ini berarti seluruh peserta bisa beristirahat. Sekitar dini hari yaitu jam 2.30, peserta dibangunkan untuk bersama-sama melaksanakan shalat tahajud bersama. Setelah sholat tahajud berjama’ah, peserta mendapatkan siraman rohani dari Kepala Sekolah SMP Mutiara Insani sambil menunggu waktu sholat shubuh. Kegiatan ini dipilih menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Outbound Anak Bandung untuk melatih peserta memiliki sisi religius dalam keseharian mereka sehingga nantinya bisa lebih membentengi dari pengaruh ataupun aktivitas yang negatif.

Ketika waktu subuh telah tiba, seluruh peserta menjalankan shalat subuh secara berjama’ah. Setelah shalat subuh, peserta bisa melakukan berbagai kegiatan secara bebas hingga waktu sarapan pagi. Pada jam 7 pagi di tanggal 21 Oktober 2016, peserta sarapan yang dilanjutkan dengan bersiap untuk check out. Sekitar jam 9 pagi, akhirnya peserta meninggalkan area Group House Situ Pangelangan untuk kembali ke Jakarta. Meskipun event Outbound Anak Bandung yang diselenggarakan hanya sekejab, berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama event tersebut pastinya bisa memberikan pengalaman dan pembelajaran tersendiri bagi tiap-tiap peserta.