Rafting di Bandung sepertinya mampu menjadi daya tarik tersendiri karena kegiatan outbound yang satu ini sangatlah menyenangkan untuk dilakukan. selain mampu menyegarkan fisik dan pikiran, kegiatan ini juga menawarkan tantangan dan keseruan tersendiri bagi siapa pun yang melakukannya. Selain itu, kegiatan arung jeram atau rafting tersebut sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk bagi mereka yang tidak bisa ataupun belum mahir berenang. Kegiatan arung jeram ini dilakukan di aliran sungai dengan tingkat jeram yang baik. Nah, bagi Anda yang masih pemula hendaknya memperhatikan beberapa tips aman menikmati rafting sebagai berikut.

rafting di Bandung

Trik Aman Bermain Rafting di Bandung bagi Pemula

Hal pertama yang sebaiknya dipikirkan ketika Anda ingin melakukan kegiatan rafting di Bandung adalah pastikan Anda memilih operator pemandu rafting yang tepat. Anda mungkin menemukan banyak pilihan operator pemandu rafting di internet namun tak semua operator tersebut memiliki kualitas dan pengalaman yang akan membuat perjalanan mengarungi jeram aman dan nyaman. Kesalahan dalam memilih operator bisa membuat perjalanan terasa kurang menyenangkan bahkan membahayakan. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan bila Anda ingin mencoba rafting adalah pilih tempat arung jeram yang paling cocok. Sungai dengan tingkat jeram 3 atau 4 sangat cocok bagi para pemula untuk menikmati aktivitas rafting yang aman. Di area kabupaten Bandung, rafting di Bandung sepertinya bisa menjadi pilihan yang sangat cocok bagi para pemula.

rafting di BandungSelanjutnya, Anda sebaiknya menyatukan perasaan dan emosi dengan sesama tim yang akan mendayung bersama dalam satu perahu rafting karena bagaimanapun untuk kenyamanan dan kelancaran arung jeram sangat dibutuhkan kekompakan dan komunikasi yang baik di antara sesama anggota tim. Untuk menikmati kegiatan rafting di Bandung yang aman, Anda sebaiknya juga memiliki ketenangan hati. Anda sebaiknya menyimpan terlebih dahulu berbagai masalah yang sedang Anda hadapi dan nikmati aktivitas arung jeram dengan lebih berkonsentrasi. Selain itu, Anda sebaiknya tidak mudah panik ketika menghadapi berbagai hal yang mungkin terjadi selama perjalanan mengarungi jeram-jeram. Bahkan, ketika tiba-tiba perahu terbalik ataupun Anda terlempar dari perahu, Anda sebaiknya bersikap tenang karena ada tim penyelamat yang siap membantu.

Sebelum memulai kegiatan rafting, Anda sebaiknya juga memastikan telah memakai semua perlengkapan keselamatan seperti helm pelindung dan jaket pelampung. Pastikan perlengkapan yang Anda gunakan benar-benar dalam kondisi yang bagus dan Anda pun merasa nyaman. Ikuti instruksi dari tim pemandu termasuk dalam pengaturan tempat duduk ataupun arahan-arahan saat di perjalanan seperti kapan mengayuh dayung ataupun lainnya. Fokus dan konsentrasi menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki ketika mengarungi jeram karena berbagai rintangan bisa saja muncul tanpa bisa dihindari. Anda sebaiknya juga tidak lupa untuk berdoa selalu supaya aktivitas rafting di Bandung yang Anda lakukan bisa berjalan lancar dan aman serta mampu memberikan manfaat tentunya.